Selasa, 13 April 2010

Definisi Haid

aid atau menstruasi merupakan proses alami yang dialami setiap perempuan. Haid merupakan indikasi dari seorang perempuan siap bereproduksi atau menghasilkan keturunan. Proses ini umumnya terjadi pada saat perempuan memasuki usia 10-12 tahun. Lalu kemudiannya proses haid akan berhenti sama sekali pada saat perempuan memasuki usia 40-50 tahun. Proses berhentinya haid pada usia tersebut dikenal sebagai istilah menopause.

Proses menstruasi adalah terjadinya proses pendarahan yang disebabkan luruhnya dinding rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan. Kondisi sakit atau tidaknya maupun status kelancaran tidaknya menstruasi seseorang dipengaruhi oleh hormon. Namun demikian masih juga ada faktor lainnya, yakni pengaruh faktor psikis.

Proses haid diiringi dengan keadaan keluarnya darah dari kelamin kewanitaan. Dimana proses alamiah ini terjadi rata-rata sekitar selama 2 hari sampai 8 hari. Darah yang keluar rata-rata sebanyak antara kisaran 10ml hingga 80ml per hari. Adapun siklus terjadi menstruasi yang normal adalah rata-rata selama 21-35 hari.

Dalam beberapa kasus, terdapat keadaan proses haid terjadi dengan rentang waktu cukup lama dan intensitas perdarahan lebih dari 80ml/hari, keadaan ini dikenal dengan istilah menoragia. Sementara menstruasi yang berlangsung lebih dari 7 hari disebut sebagai hipermenorrea.

Sebaliknya, terdapat juga kondisi seorang wanita tidak mengalami menstruasi sama sekali, kondisi ini dalam medis dikenal dengan amenoreae.Walau dalam istilah medis tidak mengenal kondisi ‘rahim kering’, namun acapkali keadaan amenoreae sering disalah mengerti dengan keadaan ‘rahim kering’.

Terdapat juga kondisi oligomenorea dimana kondisi ini merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Selain itu terdapat juga keadaan polimenorea, dimana keadaan ini terjadi ketika seorang wanita mengalami siklus menstruasi yang lebih sering (siklus menstruasi yang lebih singkat dari 21 hari).

Keadaan-keadaan kelainan tersebut tak lain banyak disebabkan oleh gangguan hormon. Walau dalam beberapa kasus, keadaan demikian tersebut merupakan indikator dari beberapa keadaan status kesehatan dari organ kewanitaan.

Penting diingat, proses haid atau menstruasi adalah proses yang alamiah, sedikit banyak anomali keadaan diluar normal merupakan indikator keadaan status kesehatan organ kewanitaan seorang wanita. Bijaksananya, setiap ada keadaan yang dirasa diluar kewajaran, segera konsultasikan dan periksakan diri Anda ke dokter kepercayaan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar